Senin, 17 Agustus 2015

Semalam Sehari Bersama Sugeng Rahayu

Coba buat caper ah, kayak di milis-milis bisma**a. Sapa tau walaupun saya bukan seorang bisma**a, tulisan saya ini bisa menarik minat orang-orang di luar sana untuk mengikuti gerakan “ayo naik bis”. Naik bis uwenak hlo, coba deh..meskipun sebenarnya bis-bis yang saya naiki ya itu-itu saja sih, hahaha..

Tanggal 14 Agustus 2015 sore, harinya Jumat Kliwon (ini seriusan). Sudah saya rancang untuk sekali lagi saya ngebis ke timur (baca:Surabaya) sebelum liburan semester yang dua bulan itu berakhir pada tanggal 18 Agustus 2015. Ohya, sebagai informasi, saya naik Sumber Group, hahaha.... Karena rumah memang deket dengan daerah kekuasaan bis itu. Terlebih saya memang demen naik bis itu sedari dahulu. Rencana saya hari itu mau naik armada ijo Safari dari Solo ke Semarang, baru lanjut Sugeng Rahayu Semarangan menuju Surabaya.

Sebelum berangkat, saya sempatkan tanya ke mandor Sugeng Rahayu Semarang di medsos, apakah armada W7067UZ, armada incaran saya jalan atau tidak hari itu. Sayang slow respon, gak papa lah, anggap aja jalan..hahaha

“Jupuk kapan mas (Diambil kapan mas)?” Tanya petugas parkir barat terminal Tirtonadi, Solo

“Enjing-enjing mas(Besok mas)” Jawabku

“Oh, nginep to(Oh, menginap ya)?” Imbuhnya sambil mencatat nopol motor saya

“Inggih mas(ya mas)” Jawabku singkat

“Patang ewu mas(Empat ribu mas)” Katanya

Segera kusodorkan dua lembar dua ribuan kepadanya, kuambil karcisku, kusimpan dalam dompet, dan ngacirr ke pintu keluar barat. Sebenarnya penitipan sepeda motor di Tirtonadi memakan waktu sedikit lama dari rumah, lama banget ding sebenarnya. Tapi di terminal deket rumah penitipannya agak parno, walau dilewati Sugeng Rahayu Semarangan juga, tapi karena gak dikasih karcis, mana dulu pernah kena 15rebu buat 3 hari. Jadi untuk terminal itu dicoret dulu dari pilihan.

Pukul 16.30 saya masuk ke peron keberangkatan bis barat, langsung saya naiki armada ijo Royal Safari tujuan terboyo, dengan pertimbangan W7067UZ jalan sekitar jam 20.30, perjalanan Solo-Semarang sekitar 3 jam. Jadi ada speleng setengah jam lagi di terboyo, buat jaga-jaga kalo jamnya maju, hehehe

16.45 armada Royal Safari 21 gitu sih crew panggilnya, dijalankan pelan-pelan meninggalkan Tirtonadi, sepertinya armada ini sudah tidak dikejar jam lagi. Baru selepas halte Solo Square, pedal gas diinjak lebih dalam, karena armada merah putih Raya sudah terlihat dari belakang. Karcis seharga 25.000 kutebus, gak ada kejadian istimewa selama naik Royal Safari ijo, armada yang menurut saya enak sih, dalam kabin pun senyap karena goyangan body diredam airsus Mercy apa ya, saya jugak gak begitu paham, hahaha. Pakek baju adiputro apa juga gak merhatiin aku..Jarane seneng bis, kok kayak gitu gak tau..Yoben, hahah.

Saya duduk di bangku 1B. Jejeran saya bangku 1A ada bapak-bapak yang masih muda menurut saya. Sedangkan 1C 1D diisi bapak-bapak setengah tua dan seorang mahasiswi yang menurut obrolan yang saya dengar adalah mahasiswi Unnes. Yang menarik perhatian saya dari tadi, dengan cup size nya jauh di atas rata-rata mahasiswi, bahkan ibu-ibu sekalipun..halahh, opo seh..hohohoo

Sampai di Tugu Lilin Ampel, saya coba buka hengpon saya, buka opera mini dong, karena hengpon saya masih hengpon android generasi awal, bahkan label nama masih pakek Son* Eri***son, hohoho. Buka medsos, saya cari pertanyaan yang beberapa waktu lalu saya ajukan ke mandor.

“Kayaknya 6067 kosong mas.” Begitu balasannya.

Lhadalaah, piye iki. Saya sejenak mikir, mau turun sini terus naik W7083UZ apa terus ke Semarang, nanti naik sedapatnya ya. Setelah saya pikir-pikir dengan perhitungan logika alogaritma simpleks, opo jall..haha. Akhirnya saya putuskan buat lanjut ke Semarang saja, toh sayang duit juga, udah bayar penuh he.

Sebenarnya selepas Ampel, driver Royal Safari ini menurut saya cukup berani, karena dengan kondisi jalanan ramai, masih sering juga beliau goyang kanan dan mendahului dari celah sempit di sebelah kiri. Salutt buat beliau..

“Mandap pundi pak(Turun mana pak) ?” tanyaku pada bapak di sebelahku, daripada liatin bola aja, bisa-bisa gila.

“Jatingaleh mas, sampeyan pundi(Jatingaleh mas, kamu mana)?” balas beliau

“Kulo Terboyo pak. Jatingaleh mangkih berarti bibar tol nggih Pak(Saya Terboyo pak. Jatingaleh berarti nanti habis tol ya Pak)?” sambungku. Disini seingat saya Jatingaleh adalah Kaligawe, dimana beberapa waktu yang lalu terjadi  kecelakaan yang melibatkan armada Sugeng Rahayu W7742UY dengan Truk bermuatan berat, yang akhirnya memaksa armada W7742UY untuk pensiun lebih awal dari jajaran armada Sugeng Rahayu Semarangan digantikan dengan armada Sugeng Rahayu W7072UZ.

“Sanes mas, Jatingaleh mangkih kota mas mandape(Bukan mas, Jatingaleh nanti kota mas turunnya)” jawab beliau

“Lho, niki mlebet kota to pak(Lho, ini masuk kota to pak)?” tanyaku. Karena  aku juga belum pernah naik Royal Safari dan kolega semalam itu.

“Inggih mas, nek dalu bis mlebet kota riyin mas(Iya mas, kalo malam bis masuk kota dulu mas).” info dari beliau.

Waduh. Gimana ini, mosok masih harus telat lagi, meskipun sebenarnya keberadaan armada Sugeng Rahayu W7067UZ juga masih belum jelas, wong tadi mandorane masih bilang “kayaknya”. Tapi setidaknya kalo on time seperti yang saya perkirakan kan enggak nambahin beban pikiran juga. Mana bapak-bapak dan mahasiswi seberang saya udah tukeran nomor hengpon lagi, pengen nangis rasane..duhh...

Ya sudahlah, dinikmati dulu perjalanannya. Sampai di bangjo terakhir sebelum keluar jalan lingkar kota Salatiga kress dengan Sugeng Rahayu W7083UZ, terlihat dari jauh ada handuk warna merah diselempangkan di dashboard depan kemudi. Yap, hari itu W7083UZ dibawa oleh sang pawang mas Parwanto “Minyak”. Dengan penumpang penuh sampai banyak yang berdiri, atau moyong-moyong, atau modot, atau apalah..Untung tadi gak jadi turun, kalo turun yo pasti berdiri ntar..

Masuk kota Semarang, sekitar pukul  19.15an. Bis dijalankan pelan-pelan, iyo lah, kan di dalam kota, mosok mau ngebut juga. Satu per satu penumpang pada turun, termasuk bapak-bapak di sebelahku tadi. Dan akhirnya cewek bola Unnes di seberangku juga turun di stasiun Semarang Tawang. Tak lupa kupandang untuk yang terkhir kalinya, berharap dia ngasih nomer hengpon dia ke saya..engga mungkin lah..hahah... duh, kebanyakan nonton ftv seh..Ya sudahlah, Semoga kita bertemu lagi di dunia yang lebih sempurna mbak.

Kembali kusenderkan kepalaku di jok empuk Royal Safari 21 ini. Penumpang yang tersisa di belakang pada maju ke depan, di seberangku terisi lagi, makhluk halus yang lebih segalanya daripada cewek bola tadi. Alamaak, kalo sudah gitu cuman bisa berdoa semoga dia ngajak kenalan. Saya emang gak berani kalo urusan cewek gini, mending minggir dulu..haha

Sampai rumah sakit daerah Terboyo, rumah sakit apa ya, gak merhatiin aku. Makhluk halus seberangku turun, kurapalkan doa yang sama dengan doa di Stasiun Tawang tadi. Aku pun bersiap turun. Terlihat di lawan arah ada Sugeng Rahayu cepat W7117UZ melintas. Syukur, berarti jika ada, W7067UZ masih di dalem nih.

“Mlebet niki pak(Masuk ini pak)?” tanyaku pada driver. Driver Royal Safari ini masih muda, taksiran saya masih awal 30an.

“Mboten mas, puter pojok langsung balik garasi(Enggak mas, putar di pojok langsung balik garasi).” jawab beliau

Lhadalah, harus jalan ke dalam lagi ini. Karena kalo gak dari dalem biasanya gak bisa milih tempat duduk (baca:deretan pertama). Sang driver sebenarnya masih melanjutkan bicaranya, namun saya sudah terlanjur gak bisa mendengar info dari beliau, jadi ya cuma di“iya”kan saja. Sampai di pojok saya turun, tak lupa saya ucapkan terima kasih pada Driver dan Kenek Royal Safari 21. Masih jam 20.30an, masih ada waktu, karena jadwal yang saya miliki tertulis W7067UZ berangkat jam 21.50an.

Saya sebenarnya agak parno jalan sendirian masuk ke Teminal Terboyo, kalo yang belum tau, jarak dari pojok ke dalam terminal sekitar 500m lah, ada lampu, tapi lampu warna merah temaram. Di tepi jalan terparkir beberapa truk Eropa milik PT. Siba Surya. Menambah aroma mistis tempat itu. Lah 500m, deket itu.. Iya deket kalo naek motor, kalo jalan, malem-malem, sendirian pula..Percayalah, rasanya lebih jauh daripada jarak hatiku ke hatimu..halah

Sambil tengak-tengok ke belakang berkali-kali saya terus berjalan. Sekitar 50m di depan saya terlihat siluet orang berjalan, 3 orang dewasa. Duh, apalagi ini, doa saya moga-moga mereka bersahabat, yang saya takutkan calo paksa, kemudian rampok, kemudian paling ngeri psikopat..tengok ke belakang kok ya udah jauh dari keramaian. Terpaksa tetep jalan, pokoknya kalo ada apa-apa nyemplung ke parit saja..haha, karena di tepi jalan ada parit selebar kira-kira 5m.

40m, 30m, 20m..terlihat ternyata si empunya bayangan gak punya rambut. Walah, geng botak iki, batin saya. 10m...Alhamdulillah, ternyata terlihat sosok aslinya, 3 orang cewek, berjilbab, cantik-cantik..hihihi. Ohya, jangan beranggapan saya menganggap semua cewek cantik hlo ya, saya juga punya selera hlo, kalau anda yang bertemu, saya berani bertaruh anda juga akan bilang cantik kok..

Lanjut jalan, saya berbelok di belakang truk Volvo bermuatan yang terparkir di tepi jalan. Sepertinya driver sedang beristirahat atau nunggu jam jalan saja, saya kurang paham dunia per“truk”an.  Saya tengok sebelah kanan-kiri truk gak ada orang. Kemudian mata saya picingkan, saya sisir dengan teliti pemandangan di sekitar, aman, enggak ada orang..Pipis dulu boss, capek nahannya.

Masuk terminal, ada Eka cepat keluar dari pintu terminal, jaraknya udah terlampau jauh dengan saya. Enggak papa lah biar jalan dulu, karena memang pikiran saya kalo ga dapet Sugeng Rahayu W7067UZ, naik Eka cepat aja.

Sesampai di dalam, saya langsung menuju parkiran pemberangkatan bis ekonomi arah Solo. Daaan... ada, bener,  ada Sugeng Rahayu udah dinyalain mesinnya. Terus mendekat, lho kok.. W7072UZ, wah ini berarti W7072UZ pakek jamnya W7067UZ. Yowis, enggak papa lah, sekalian nyoba armada baru. Enggak baru ding armadanya, cuman baru aja sebagai Sugeng Rahayu Semarangan.

Namun nahas, mesin dimatikan, lampu kabin dimatikan. Duh Gustii, ternyata baru sampai ini bis. Berarti pakek jamnya W7804UZ dong, karena tidak mungkin kalo pakek jamnya sendiri jam segitu sudah nyampe sini.

Saya mencoba tenang, duduk, buka Opera Mini lagi, ada balesan dari mandor lain. W7067UZ dan W7804UY gak jalan semua. Yawis, lepas topi dulu biar kepala adem, hehe..Mau nunggu ya lama, wong nungguin crew tidur. Oh ya, lewat pantura saja, begitu pikirku. Karena Eka cepat sudah habis jam segitu, apalagi Sugeng Rahayu cepat. Ya sudah, fix lewat pantura.

Saya jalan cepat ke parkiran bis ekonomi pantura. Terlihat disana Jaya Utama bumel sudah nyala mesin. Saya langsung masuk ke dalam, terlihat beberapa bangku sudah diisi penumpang. Langsung saya duduk di bangku deret kedua sebelah kanan, tak lupa saya minta izin kepada yang menduduki bangku terlebih dahulu di sebelahnya.

Sekitar 10menit saya tunggu driver mulai masuk, bis dijalankan. Alhamdulillah enggak nunggu lama, karena sebelumnya saya pikir kalo sudah malam ngetemnya lama, atau mungkin ngetemnya sudah dari tadi, dan untung buat saya karena masuk menjelang jam ngetemnya habis. Wes embuh lah, pokoknya udah jalan gitu aja..haha..

Sampai di pojok, pertigaan jalan keluar dari terminal, bis kembali berhenti, kemudian driver turun. Oalah, ngeteme disini to ternyata, tepuk jidat. Benar saja, bengku langsung hampir penuh terisi penumpang. Dan coba tebak.. benar sekali, pengamen masuk tanpa jeda, dengan cara ngamen yang sedikit mengintimidasi. Udah panass,karena deretanku tiga tempat duduk sudah terisi semua, dengerin orang genjrang-genjreng teriak-teriak enggak bener, lengkap sudah penderitaanku. Oh belum lengkap ding, sampai ada Eka cepat melintas di sebelah kanan bis saya, langsung keluar bablas tanpa ngetem, yess, sekarang sudah lengkap.

Dalam kekalutan hati saya, ada makhluk halus masuk dari pintu depan. Cantik sumpah, karena ada tai lalat di atas bibir, nilai plus dong..haha. Lumayan lah, ada pertanda baik, karena jujur saya, dari tadi yang naik semuanya tampangnya sangar-sangar.

“Turun mana?” teriak driver yang tadi dari pintu depan pada seorang bapak-bapak. Agak kurang sopan menurut saya. Bapak-bapak tadi menjawab sesuatu saya kurang denger, kemudian beliau diperbolehkan naik.

“Sek Kudus ojo munggah disik (yang Kudus jangan naik dulu)!” sang driver kembali berteriak, gak tau juga maksudnya apa, mungkin karena jarak terlalu pendek sehingga takut kalo misalnya ada yang mau naik tujuan yang lebih jauh gak jadi naik, kare sudah terisi si Kudus tadi. “Iki sih suwe, mangkat jam 10(ini masih lama, berangkat jam 10).” sambung beliau.

Lho.. kok angkatan jam 10, berarti setelah Sugeng Rahayu W7072UZ di dalem dong, waduh piye iki. Turun enggak yo..setelah berpikir cukup galau, masuk dari jalan raya Sugeng Rahayu W7801UY. Berarti Sugeng Rahayu W7072UZ udah mau berangkat. Akhirnya dengan dukungan pengamen berbadan besar nyeremin yang berdiri deket saya, saya pun beranjak dari kursi saya. Dukungan yang saya maksud disini adalah memberi motivasi saya untuk segera keluar.

Berjalan beberapa langkah, makhluk halus yang tadi duduk sendirian di deret kiri, beradu pandangan dengan saya..ciye. Saya sempet ngehang sebentar, tapi pikiran normal saya Alhamdulillah masih kerja, saya tetep berjalan keluar dari pintu belakang. Maybe next time mbak, in a perfect world, hoho

Oh ya, mohon maaf. Saya disini tidak berniat menjelekkan suatu PO. lho ya. Karena saya dulu pernah naik Restu ATB Surabaya-Semarang juga bagus sekali pelayanannya, driver dan kenek sepanjang perjalanan juga bercanda terus, jadi sudah pasti ramah. Jaya Utama bumel juga pernah, pelayanannya juga sangat bagus. Sebaliknya, naik armada Sumber group yang crew nya enggan sopan juga ada. Jadi itu itu sebutannya oknum atau apalah. Kemudian pengamen juga ada yang sopan sekali hlo saat itu, lewat samping saya aja permisi, minta uang nadanya juga sopan, jelas tak kasih kalo itu,,haha

Kembali ke topik saya, ternyata kesialan saya belum berakhir lho ya. Saya kembali jalan masuk ke dalam terminal, kali ini saya pake sisi kanan, lebih terang soalnya. Sekitar setengah perjalanan, dari jauh terlihat kendaraan memainkan dim nya, ternyata sebuah bis, terlihat warna putih memanjang di bagian atasnya, yupz, lampu mayang khas Sumber Group. Ya ampuun, buru-buru saya melambai-lambaikan tangan ke kamera, dan apa yang terjadi, coba tebak..Benar sekali, enggak berhenti dianya. Sudahlah, gak saya kejar lagi, meskipun terlihat di sana dia berhenti buat ngetem.

Saya kembali masuk ke dalam, dan ditanyai sama bapak-bapak. Mereka bertiga, sepertinya sih tukang ojek, atau calo, atau bisa apa aja sih, psikopat juga bisa kok.

“Nyangdi mas(kemana mas)?” tanya salah satu dari mereka

“Surabaya pak.” jawabku singkat

“Iki wae patas.” sahut dia sambil menunjuk parkiran patas Surabaya, terlihat ada Restu dan Indonesia patas disana, masih mati lampu.

“Piro pak patas(berapa pak patas)?” tanyaku

“200 wae, oleh mangan pisan(200 aja, dapet makan sekali).” jawabnya, nah lo, bener kan calo..

“150 to, oleh mangan pisan(150 to, dapet makan sekali).” temannya mengoreksi si penjawab tadi, mungkin tidak mau terlihat banhwa dia sebenarnya mengambil untung. Tapi ya, saya terlanjur enggak percaya dong.

“Wah, ora pak,sek biasa wae(wah, enggak pak, yang biasa aja(baca:ekonomi)).” kataku lagi

“O biasa, ayo tak terke ngarep, langsung mangkat, 10.000 wae(O biasa, ayo tak anter ke depan, langsung berangkat).”  tawarnya, nah lo, berubah jadi tukang ojek dia.

“Ora pak, pilih le liwat Solo wae(enggak pak, pilih yang lewat Solo aja).” sambungku

“Wah, adoh mas, kacek e iso 3jam an kui, penak lewat lor to mas(wah, jauh mas, selisih bisa 3jam an itu, enak lewat utara to mas).” balasnya belum menyerah, aku duduk di kursi panjang tempat mereka duduk, mencoba santai..haha. Padahal deg-deg an tingkat SMA dan sederajat..

“Ora popo pak, wong karo bis-bis an kok, jane aku mau kress karo 72 no jobo, ning tak awe gak gelem mandek, tak ngenteni 01 kae wae(Gak papa pak, orang sekalian bis-bis an kok, sebenarnya tadi kress dengan 72 di luar, tapi saya lambai tangan gak mau berhenti, saya tunggu 01 itu aja).” balasku sambil menunjuk Sugeng Rahayu W7801UY, berbody Legacy yang sedang parkir istirahat.

“Wah kok apal nopol, bisman*a to sampeyan(wah kok hapal nopol, bisman*a to kamu)?” tanya dia, mulai mundur juga mereka..hehe

“Nggih mboten jane(yaa, enggak sebenarnya).” kataku dengan nada yang gak begitu yakin, kata orang, dengan begitu, sebenarnya kita menyatakan yang sebaliknya. Padahal dalam kasus saya, saya memang bukan bisman*a..haha

“Yowis kono, gek mrono kae ketoke wis ngetem kae(ya sudah sana, cepat ke sana sepertinya sudah ngetem dia)!” akhirnya berkata begitu, yess.

Segera saya bangkit berjalan, sambil mengucap terima kasih. Takut kalo mereka berubah jadi psikopat tuh..hiiy

Selepas itu, saya berpindah ke depan parkiran W7801UY “Ijo Lumut”, belum ada tanda-tanda mesin akan dinyalakan. Ya sudah, kerena perut sudah lumayan  kosong, pesen sate dulu di deket parkiran. Sesekali saya menengok ke armada W7801UY yang sedang dibersihkan keneknya, sapa tau pintu suadah dibuka, yang artinya sudah boleh masuk. Selesai makan,bayar dulu 18ribu rupiah, langsung jalan pindah ke samping bis, biar bisa masuk paling awal.

Ada rombongan calon penumpang disana, sekitar 5 atau 6 saya gak ngitung, bawa tas carrier besar-besar, abis turun gunung mungkin, atau jalan-jalan juga bisa sih. Dari obrolan mereka kok juga nyambung-nyambung ke bis, wah bisman*a mereka, dan tujuan mereka ternyata Solo, berarti mungkin habis turing dari jauh ya.

“Solo, Jombang, Nganjuk. Berangkat!” mandor teriak dan membuka pintu. Tanpa ba bi bu, saya langsung naik ambil duduk di deretan pertama pojok kanan. Akhirnya malam saya di Terminal Terboyo akan segera usai.

Rombongan Solo tadi naik semua, tapi kok gak nglirik deret pertama ya, langsung bablas ke belakang, cuma satu orang aja yang duduk di pojok seberang saya. Mereka juga gak bicara apapun soal bis ini, jadi bingung, bisman*a apa bukan ya. Wes gak tau ah, ngapain juga mikir kaya gitu. Penting cari uang dulu disimpen dimana, kan gak seru juga kalo ternyata uangnya gak ada. Yo, malah seru ding, kan bisa disuruh turun jalan..hahah

Jam 22.15an bis mulai dijalankan oleh kenek keluar dari parkiran, masuk ke jalanan ada mandor lari-lari nyerahin karcis dan uang ke kenek, “Solo siji(Solo satu).” kata mandornya. Laki-laki berumur 20an masuk, badannya segede tangki Tiger, pokok e gede lah, menghempaskan badannya ke samping saya, langsung nempel dengan mesra. Sepertinya dia gak sadar kalo bangku itu untuk 3 orang, sikak..sikak..

Sampai di pojok, W7801UY ngetem. Driver dibangunkan, beliau berumur 50an jika saya taksir, lumayan sepuh menurut saya. Memakai peci putih, hayo siapa yang tau?. Beliau menyuruh seorang anak kecil duduk di bangku saya paling ujung, oh ternyata anaknya.

Jam 22.30an, bis mulai dijalankan pelan keluar menuju jalan raya, masih nyeser penumpang di sepanjang jalan sebelum masuk tol. Memasuki gerbang tol, bis tetap berjalan pelan, mungkin agar sampai Sukun penumpang sudah terkumpul banyak. Benar saja, sampai Sukun, penumpang langsung menyerbu, dalam sekejap mata bangku sudah penuh sampai ke tempat duduk atas mesin. Sampai ada makhluk halus berbaju pink yang ingin naik, tapi maksa minta tempat duduk, jadilah dia duduk di depan pintu masuk, menghadap belakang.

Akhirnya lepas sukun bis mulai dijalankan agak kencang, masih agak ho,hihihi..Sambil tetap nyeser penumpang, wah ternyata jam segitu masih rame banget penumpang, tapi gak heran sih, soalnya kalo malem gak ada bis lokal yang jalan, adanya cuman bis Sumber Group dan bis-bis macam Sahabat dan Mios. Itu pun jarang-jarang.

Di sekitaran Banyumanik kress dengan Sugeng Rahayu gak tau nopol berapa, berbody Legacy livery stiker. Perkiraan saya itu nyadangi Sugeng Rahayu W7109UZ yang masih dalam proses perbaikan. Pembawaan pak driver cukup halus, tidak ada hentakan saat oper gigi. Lebih enak dari driver favorit saya Mas Purwanto Sugeng Rahayu W7102UZ. Beliau juga ramah dan suka ngobrol. Belakangan saya ketahui beliau bernama Pak Datuk, hayoo..ada yang tau?

Selepas Banyumanik, kondektur menarik ongkos, segera saya serahkan uang sebesar 65.000 rupiah untuk ditukar dengan karcis tujuan Surabaya. Karcis biru pun saya terima, coret penuh Semarang Surabaya, kembalian 1000 rupiah. Non KL ya boss..haha

Oh ya, Sugeng Rahayu W7801UY ini menurut saya masih sangat bagus untuk ukuran bis lama, dibandingkan dengan saudara kandungnya Sugeng Rahayu W7804UY yang saat itu kosong. Tidak ada terlampau banyak suara di kabin, suara mesin juga masih halus. Bahkan menurut saya bis ini masih lebih bagus dibandingkan dengan adiknya, Sugeng Rahayu W7102UZ, angkatan kedua ATB Semarangan.

Sampai daerah Ungaran dapet operan dari bis Jakartanan lumayan banyak, mereka naik bis jurusan Solo, sehingga yang turun di Jawa Timuran dioper ke sini. Lumayan sih buat nambah pundi-pundi dolar crew.

Gak ada kejadian istimewa sepanjang jalan, cuman lihat jalan diselingi liat makhluk halus, atau kebalik ding, liat makhluk halus diselingi liat jalan, heheh. Sampai dia turun di Salatiga, udah mau liat apa lagi, tidur dulu lah, ntar meleknya selepas Solo aja. Laki-laki di samping saya terdengar sedang ngobrol dengan mamanya di telepon, tapi dia bilang saat itu dia lagi di Pilangsari ban sepeda motornya mengalami kebocoran..wtf..

Masuk terminal Tortonadi terpantau sekitar jam 1.00an, bus tidak parkir di jalur pemberangkatan, artinya masih banyak waktu sisa untuk jam Solo timur. Lebih dari setengah dari penumpang turun di sini. Bangku sebelah saya kembali kosong, namun kali ini diisi oleh bapak-bapak operan dari jakarta tadi, beliau turun di Gendingan. Mumpung ada isinya, saya minta tolong ke beliau untuk menjaga tempat duduk saya sebentar, pipis lagi boss..

Seusai pipis, saya kembali ke tempat duduk saya, tak lupa berucap terimakasih pada bapaknya. Saat itu saya melihat anak-anak muda pada nongkrong disana, diantara mereka ada yang memakai kaos bis. Yup, mereka adalah SGLov***, sepertinya hari itu mereka sedang cangkruk. Oiya, saya tidak pernah ikut organisasi per-bis-an manapun hlo, jadi istilahnya cuman freelancer. Wong atribut bis saja satupun saya gak punya.

Tak lama setelah itu, bus dipindahkan ke parkiran pemberangkatan oleh mandor. Gak ada penambahan penumpang yang signifikan di sana. Sebelah saya tetap belum terisi.

Jam 1.30an bis mulai dijalankan mundur pertanda sudah mau berangkat, mandor pun turun digantikan driver, kali ini anaknya duduk di samping saya. Lumayan, lebih banyak ruang untuk saya, kecil sih badannya. hehehe..

“Kernete ndii(keneknya mana)!!” seru driver, kenek sepertinya tertinggal, untung bis belum jalan. Setelah di klakson berkali-kali dia baru muncul berlari-lari dari toilet, ambil jaket katanya.

Benar saja, selepas terminal Tirtonadi, bis mulai dijalankan kencang-kencang, namun tetap halus. Tetap masih nyeser penumpang tentunya. Sepertinya Pak Datuk ini memang mengoptimalkan pendapatan, karena tiap ada orang yang dicurigai penumpang beliau membunyikan klakson. Karena ada juga driver yang mengoptimalkan waktu istirahat lebih, imbasnya ada anggapan orang-orang luar sana yang menyebut bis Sumber Group sebagai “bis balap”.

Dari obrolan-obrolan driver saya tau informasi bahwa beliau adalah rea-reo, artinya beliau tidak/belum mempunyai pegangan sendiri. Karena dari cerita beliau, dua hari yang lalu beliau jalan Yogya, dan kemaren beliau jalan W7067UZ.

Selepas Sragen bus mulai mengoptimalkan waktunya, lebih sering ambil jalur kanan. Perjalanan khas Sumber Group mulai disuguhkan, berkali-kali muka saya terpapar dari dim kendaraan depan yang jalurnya termakan oleh bus saya. Pak Datuk lebih suka bersabar dalam masuk kembali ke jalurnya jadi tidak seperi mayoritas driver yang suka mendadak goyang kiri, sehingga body bus goyang-gayeng. Beliau lebih suka goyangan kiri halus, akibatnya waktu lolos dari ancaman kendaraan depannya terasa lebih lama, jadi malah terasa lebih seru..hahah

Selepas alas Mantingan, saya mulai ngantuk juga. Karena jalanan sudah agak lebar, jadi jarang blong-blongan lagi. Ngawi lama, bis belok kanan, artinya lewat Madiun, ternyata oh ternyata.. Karangjati ada jembatan ambrol, jadilah seluruh bis lewat Madiun. Jangankan bis, mobil kecil aja enggak boleh lewat sono.

Madiun, bis tidak masuk terminal langsung belok kiri arah Caruban. Yap, waktunya tidur. Samping saya sudah kosong sedari tadi. Anak kecil samping saya sudah pindah ngobrol ke samping bapaknya. Saya ambil posisi secantik mungkin, tidur molek pun dimulai.

Saya terbangun masih di seputaran Nganjuk, atau Jombang ya, melek ayam sih. Ada makhluk halus masih muda 20an duduk samping saya, di ujung bangku, jadi masih ada kekosongan di antara kami. Saya pun masih setengah tertidur saat itu. Beberapa saat kemudian ada ibu-ibu masuk duduk di deretan bangku saya, makhuk halus tadi bergeser mendekat ke saya, jadi ibu-ibu tadi duduk di ujung. Ya Allah, mungkinkah ini jodohku..tidur lagi..

Bangun-bangun di Mojoagung bahu kiri saya terasa berat, saya lihat di spion driver ternyata makhluk halus tadi tidur di bahu saya. Yak ampun, Gusti Allah ternyata memberikan saya kesempatan untuk merasakan bagaimana punya pacar..maklum boss..JoNess..gek itu waktunya pas sunrise, pas sekali ya. Yakin aku, pasti itu jodohku. Terminal Mojokerto, makhluk halus itu terbangun, aku pura pura tidur, aku jomblo lagi..

Bypass Krian bus masuk garasi seperti biasa untuk dilangsir oleh driver langsiran menuju terminal Bungurasih dan isi solar, jadi bisa menambah waktu istirahat driver, cuma kenek yang ikut ke terminal, ya kenek kan tadi perjalanan udah tidur-tidur bentar.

Masuk Terminal Purabaya, Bungurasih sekitar jam 6.30an. Penumpang turun semua, termasuk mantanku. Yah, pisah deh. Sayang saya gak punya cukup nyali buat kenalan..hiks. Selamat jalan mantanku, kau pernah jadi bagian terindah dalam hidupku.

Keluar bis, seperti biasa saya cari toilet buat cuci muka, gosok gigi, plus pipis boss..kelar itu langsung jalan ke depan Ramayana Bungurasih, sarapan soto lamongan, itu lo yang nempel di pos ojek, cocok dengan lidah saya. Sebenarnya ada pecel enak juga di pojokan pasar deket flyover, tapi kudu jalan dulu. Ntar takut ketinggalan, soalnya masih ngarep balik ke Solo naek W7067UZ.

“Ayo go home.” ku watslap temenku dari Pandaan yang rencananya juga balik kampung hari itu karena ada libur hari Senin

“Sik, adus sik, 67 iseh mlaku Semarang ora(bentar, mandi bentar, 67 (W7067UZ) masih jalan Semarang gak)?” balasnya

“Iseh, gek ndang selak ra nutut(masih, cepetan keburu gak terkejar).” Balasku. Tidak ada balasan lagi, mungkin lagi mandi nyabun gitu.

Selesai makan saya jalan kembali ke dalam, masuk ruang tunggu, duduk menunggu sambil liat-liat makhluk halus. Biasanya kalo lagi gak terburu-buru spot favorit saya di pintu keluar bis AKAP, liat mandor cari penumpang, sama pegawai dishub yang memarahi driver-driver karena terlalu lambat keluar dari pintu sehingga bikin macet.

Hampir jam 8.00, belum ada balasan dari temen saya, temen saya cowok lho, kan saya sudah bilang saya gak berani sama cewek. Takut kualat, mosok berani sama cewek. Saya keluar dari luar tunggu, menuju tempat saya biasa tidur kalo bis-bisan ke Purabaya. Ke bagian belakang shelter bis-bis AKAP bagi yang tau kan ada semacam buk, kalo bahasa Indonesia disebuat apa ya..cor-coran beton gitu aja lah. Setengah lingkaran, diameter kira-kira 1m. Ya, itu tempat tidur favorit saya kalo sampe di terminal kemaleman.

“He cuk!” teriakku, yang kupanggil menoleh, mungkin karena tau kebiasaan saya sering di sana, wong kami juga pernah tidur disana berdua, so sweet. Kami bertemu disana, dia sama temennya, cowok juga, aihihihi. Ohya, kami sudah berteman semasa kuliah, jadi mau panggil apa aja ya bebas, enggak sopan pun juga enggak apa-apa.

Sebenarnya temen saya dulu enggak suka naek bis, tapi karena mungkin ketularan, sekarang juga semacam pecinta bis dia, apalagi dia bekerja di Pandaan di pabrik rokok Gudang Ga**ram (sensor boss), deket dengan jantungnya bis Jawa Timur (Surabaya maksudnya). Saya sebenarnya dulu juga ketularan, tapi kabar baiknya, saya ketularan lebih dulu dari dia. Enggak ding, wong saya suka bis dari kecil. Baru kuliah ini saja saya mulai menekuni kesukaan saya ini.

Kami pun bertiga ngobrol ngalor-ngidul ga jelas. Sampai 8.00 belum ada tanda-tanda ada armada W7067UZ, iya lah berangkatnya aja jam 8.30an, namun tetap saya paksa tanya ke mandoran di sana.

“Pak, Semarange wonten mboten(pak, Semarangnya ada nggak)?” tanyaku pada mandor disana, mandornya ternyata berkerah batik sekarang, haha

“Ono mas, mengko jam 10(ada mas, nanti jam 10).” jawabnya

“Lo, mundur to pak jam e?” tanyaku lagi

“Gak, yo cen jam semono iku mas, mengko ono maneh jam 11.30(gak, ya emang jam segitu mas, nanti ada lagi jam 11.30).” jawab beliau

Waduh, ternyata jadwalnya udah berubah. Saya pun berlalu, tak lupa terima kasih tentunya. Balik ke temen-temen saya, kami pun berembug gimana baiknya, karena gak mau juga kesorean sampai Solo.

Sugeng Rahayu cepat W7117UZ masuk shelter bis cepat, berarti benar W7067UZ belum datang. Tapi kok kalo nunggu W7067UZ masih lama juga. Entah bagaimana dapat kesepakatan, kami memutuskan naik bis cepat saja, lhadalah. Bukan cepat W7117UZ Semarang lagi, tapi W7148UZ Cilacap. Kok melencengnya jauh ya, biarin, kan sayang ada bis baru, gak dinaikin.

Kami berjalan ke shelter keberangkatan Cilacap, sesampainya disana saya bertanya ke crew sepertinya co driver nya.

“Pak, Solo oleh ora(pak, Solo boleh gak)?” tanyaku

“Solo ta, gek ndang mlebu kono(Solo to, buruan masuk sana)!” suruh beliau, saya tanya apa, dia jawab apa..haha. Tapi beliau ramah kok saudara, jawabnya aja sambil senyam-senyum.

“Ning gak mangan yo(tapi gak makan ya)?”  tanyaku

“La ngapo?poso ta(la kenapa? Puasa to)?” tuh kan, beliau masih bercanda

Kamipun naik, 3 bangku deret terdepan pun sukses kami duduki. Ternyata oh ternyata, ini bis keberangkatan jam 10.00, haha. Tapi gak papa lah, bisnya bagus hlo, jadinya gak menyesal. Sugeng Rahayu cepat W7117UZ Semarang diberangkatkan, penumpang juga lumayan hlo menurut saya. Co driver menarik uang karcis, saya sodorkan 100ribu rupiah, kembali 15ribu rupiah.  85ribu rupiah coret Surabaya-Solo, temen dari temenku dapet 100ribu Solo-Yogyakarta.

Jam 10.00an, driver mulai masuk kabin. Perawakan agak gempal, dikit botak, umur sekitar 40an, ada yang tau? Belum ada tanda-tanda Sugeng Rahayu W7067UZ Semarang jalan. Bus mulai jalan pelan sambil nyeser penumpang hingga pintu keluar terminal. Keluar gerbang terminal, penumpang terisi sekitar 20an orang, bagus juga untuk ukuran bis cepat.

Bis dijalankan cepat santai, driver bawa bis juga sangat halus dan nyaman, iya lah, masak bawa bis cepat disamakan dengan ATB, bisa lari semua penumpangnya. Sampingku terisi anak muda yang mudik ke Caruban, oh ya saat itu emang arus mudik libur panjang.

Mojokerto, bis saya di salip oleh Sumber Selamat W7391UY Soloan, yang nantinya menemani perjalanan hingga masuk Tirtonadi, beriringan dan saling mendahului. Karena ATB harus masuk terminal, maka dia harus tertinggal, tapi setelah keluar dia bisa juga mendahului, begitu seterusnya di tiap terminal.

Bis tetap nyeser sepanjang perjalanan, layaknya W7801UY yang saya tumpangi semalam, tiap ada orang yang dicurigai calon penumpang langsung klakson saja pak driver, harap maklum karena Sugeng Rahayu cepat ini istilahnya masih “babat alas” sehingga promosi harus getol dan sabar. Tadi di terminal pun mandor-mandor mati-matian cari penumpang, bahkan sampai di pangkalan taksi terminal Bungurasih pun diisi oleh mandor Sugeng Rahayu cepat.

Sampai RM Utama Caruban, gak liat jam berapa, bis masuk halaman parkir untuk istirahat makan siang. Seluruh penumpang dipersilahkan turun. Saya tukarkan kupon saya pada petugas untuk ambil makan prasmanan, nasi putih, oseng-oseng bunga kol, galantin satu, sosis satu, es teh manis..nikmatt. Tadi sih rencana gak mau makan, setelah dirasa-rasa laper juga, hahaha. Untung gak diejek sama co driver.

Selesai makan dan pipis boss..Bis jalan lagi, bablas menuju Maospati karena memang ini trayek asli bis Sugeng Rahayu cepat Cilacap/Purwokertonan. Jadi meskipun Karangjati dibuka, bis ini tetap lewat Maospati Madiun.

Masuk terminal Maospati, gak liat jam lagi, bis menaikkan beberapa penumpang dari agen di sana, kursi sebelahku yang tadi sudah kosong terisi oleh wanita, ya lumayan masuk lah, usia kira-kira akhir 20an. Bis berangkat lagi dengan kontrol yang ikut naik, driver komplain ke beliau kontrol jika agen Maospati suka lelet gitu kayanya.

Keluar terminal Maospati bis kami di blong oleh Mandala body Celcius Surabaya-Bandung, wah itu bis banter juga ya.

“Niku Mandala Bandung nggih pak(Itu Mandala Bandung ya pak)?” tanyaku kepada driver, saya sebelumnya juga sudah ngobrol-ngobrol lho sama driver, saya enggak selamanya diam kok, haha. Kalo sekiranya driver bisa diajak ngobrol, ya saya ajak ngobrol kok.

“Nggih, niku Bandung(ya, itu Bandung).” Jawab beliau sambil ngangguk

“Wah, Rudi kon numpak kui wae nek balik(Wah, Rudi suruh naik itu saja kalo balik).” kataku, kali ini kutujukan pada temanku di seberangku. Karena seorang temanku yang kerja di Bandung kadang kebingungan cari bis kalo mau balik ke Solo atau berangkat ke Bandung, terakhir dia dapet bis S****** lewat calo dengan tiket seharga 350ribu, Solo-Bandung.

“Wah, iku mung numpang lewat no kene, gak iso ngunggahno penumpang teko kene. Wong Eka e sek ngunggahno penumpang no kene tak tantang gelut kok(Wah, itu Cuma numpang lewat di sini, gak bisa naikin penumpang dari sini. Wong Eka aja yang naikin penumpang di sini saya tantang berkelahi kok).” kata kontrolnya dang duduk di depan saya sambil memeriksa karcis. Saya tau itu ditujukan ke saya.

Malah saya jadi ngobrol sama beliau tentang persaingan Eka cepat dan Sugeng Rahayu cepat, padahal tadi juga ngobrol seputaran itu sama drivernya, hahahah, tapi pak driver cuman diem aja. Ohya, saya dapet info dari driver juga bahwa ada isu Sugeng Rahayu cepat mau nambah armada Cilacap/Purwokerto nya, namun beliau cuman bilang itu masih simpang siur, kabarnya mau turun 12 unit lagi buat pelari cepat Surabaya-Cilacap/Purwokerto.

Kontrol turun di mana ya, saya lupa daerahnya. Saya ngobrol dengan cewek sebelah saya, ternyata dia asli Ciamis, abis dari Purwodadi, naik dari Maospati, tujuan Cilacap, walah kok sangar gitu. Sebenarnya dia seneng diajak ngobrol, tapi kok ngobrolnya pakek pegang-pegang paha saya, malah jadi takut sendiri saya, jadinya saya memilih diam setelah ngobrol beberapa saat, dia memilih tudur kayaknya, atau pura-pura tidur enggak tau saya.

Jalan Madiun-Ngawi, lalu lintas tersendat ada buka tutup jalan. Bis langsung ambil kanan buka jalur mendahului atrian kendaraan yang lebih tertib, diikuti oleh Gunung Harta ijo, dan Sumber Selamat W7391UY yang masih setia menemani, ada sekitar 500m antrian, paling kendaraan-kendaraan yang didahului juga misuh-misuh..hahah.

Ternyata di barisan depan sudah ada Eka cepat yang sudah buang kanan keluar aspal menunggu giliran jalur dari timur dibuka, bis saya pun ikut buang kanan keluar aspal. Masih agak tersendat, gigi netral, hand rem, driver meregangkan otot dulu.. Sekitar 15menit antrian baru bisa lancar, co driver melambaikan tangan keluar jendela, tanda minta jalan untuk kembali ke jalur kiri. Yang buka jalur aja lama, apalagi yang tertib..haha

Bangjo Ngawi kondektur Sumber Selamat W7391UY lari ke arah bis kami, minta air mineral ternyata..haha.

Masuk provinsi Jawa Tengah, driver menyuruh co driver agar sms agen Sragen untuk menyiapkan penumpang. Ternyata yang dilakukan co driver adalah meneleponnya, dikarenakan itulah driver dan co driver saling adu argumen hingga mereka berdua berdiaman, saya dan temen-temen jadi takut juga.

Masuk terminal Pilangsari Sragen co driver turun menemui agen, satu penumpang naik. Tau gak saudara-saudara, agen sragen ternyata cuantiik lo saudara, udah tante sih, tapi tetep aja cuantik. Mungkin dari sekian makhluk halus yang saya lihat, dari Solo hingga mau kembali ke Solo, dia yang paling haluss. Saya suka tante-tante hloo..hihihi. Pokoknya entah kapan, saya harus coba naik Sugeng Rahayu Cilacap/Purwokerto lewat agen Sragen.

Keluar Sragen menuju Solo, akhirnya driver dan co driver mulai saling bicara, berawal dari sms ke hengpon kantor yang disediakan tiap bis, si co driver ceritanya gak bisa mengoperasikan itu hengpon, kalau gak salah Samsul Galaksi Chat hengpon nya.

“Yo kui kon marai mase nganti tekan Solo(ya itu suruh ngajarin masnya sampai Solo).” Suruh driver nunjuk ke arahku. Lhadalah, kok malah aku. Tp ya enggak papa ding. Tapi co driver tetep nekat gak mau, dan balesnya sms pakek hengpon nya sendiri. Ya sudah, malah adu argumen lagi..duhh

Masuk teminal Tirtonadi sekitar jam 4.15an, saya dan temen saya turun di sini. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada driver dan co driver. Bis bablas ki shelter pemberangkatan karena jam Solo barat sudah habis.

Masuk peron bayar karcis, saya bareng laki-laki seumuran saya yang masuk sambil tanya bis jurusan Cilacap.

“Mas, Cilacap?” saya jejeri dia.

“Nggih mas(iya mas).” jawabnya

“Ayo, melu Sumber wae(Ayo, ikut Sumber aja).” kataku, dia tampaknya bingung denger kata Sumber

“Sugeng Rahayu.” Lanjutku

“Oh, pundi mas(Oh, mana mas).” dia baru paham ternyata

“Ayo-ayo, cepet.” ajakku

Kami berjalan cepat-cepat, ke bis yang tadi ku tumpangi. Sudah mau berangkat dia, namun co driver masih di luar ngurusin bagasi.

“Iki siji mas.” teriakku ke co driver. Aku lari duluan, takut ditinggal. Calon penumpang tadi masih jalan di belakang sama temenku. Karena aku yang nawarin, ya aku yang harus tanggung jawab.

“Kene-kene, ayo munggah(sini-sini, ayo naik).” kata beliau. Laki-laki itu tadi pun naik, dan mengucapkan terima kasih padaku. Pie, aku sudah pantas jadi mandor belum, hahaha..

Oh ya, kenapa saya sampai mau melakukan hal seperti itu. Karena saya pernah bareng Sugeng Rahayu cepat W7118UZ Semarang Mas Saipul. Dari Surabaya cuman bawa 5 orang, dan co driver sambat kalo jalan cepat pait saudara, ya belum dikenal lah, beda sama Eka yang udah punya nama (saya juga sering naik Eka lho). Jadi kesimpulannya biar keduanya sama-sama dikenal, layaknya Sumber Group ATB dan Mira. Gitu aja alasan saya sampai repot lari-lari kejar bis.

Akhirnya selesai juga perjalanan saya, sehari semalam bersama Sugeng Rahayu. Semalam sehari ding ya..haha.. Balik ke parkiran, ambil motor. Pulaang..Sesampai dirumah, mandi, makan, langsung tidur sampai pagi.

Royal Safari Solo-Semarang : Rp 25.000
Sate Ayam terminal Terboyo : Rp 18.000
Sugeng Rahayu Semarang-Surabaya : Rp 64.000
Soto Ayam Lamongan Bungurasih+teh anget : Rp 13.000
Sugeng Rahayu cepat Surabaya-Solo+makan : Rp 85.000
Toilet+Parkir : Rp 8000
Peron Tirtonadi : Rp 500
Total : Rp 213.500















4 komentar:

  1. Capernya mantap mas, lebih sip bisa ditambah foto bis, tiket, dll kalau ada. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke terimakasih sarannya mas.
      baru pertama kali buat mas, belum pengalaman, haha

      Hapus
  2. Sekalian ditambah foto mahkluk halusnya ya mas hahah (y)

    BalasHapus
  3. sangar mas. kudune makhluk haluse difotoni mas
    hahaha.

    siplah critane. http://hamidanwar.blogspot.com

    BalasHapus